Sabtu, 25 April 2009

Fadhilat Sholawat Nariyah / Sholawat Tafrijiyyah

Rasulullah bersabda: Siapa membaca shalawat untukku, Allah akan membalasnya 10 kebaikan, diampuni 10 dosanya, dan ditambah 10 derajat baginya.

Ada bermacam-macam sholawat untuk diamalkan. Ada sholawat "Nariyah" atau juga disebut "Tafrijiyyah", ada sholawat "Thibbi Qulub", ada sholawat "Tunjina", ada sholawat "Badar" dan lain-lain lagi. Dan ini belum lagi bacaan "hizib" dan "rawatib" yang tak terhitung banyaknya.

Dalam hadits lain. Rasulullah bersabda: Tidak seorang pun yang memberi salam kepadaku kecuali Allah akan menyampaikan kepada ruhku sehingga aku bisa menjawab salam itu. (HR. Abu Dawud dari Abu Hurairah. Ada di kitab Imam an-Nawawi, dan sanadnya shahih).

Imam Haitami dalam kitab Majma’ az-Zawaid meyakini bahwa hadits di atas adalah shahih. Hal ini jelas bahwa Rasulullah memintakan ampun umatnya (istighfar) di alam barzakh. Istighfar adalah doa, dan doa Rasul untuk umatnya pasti bermanfaat.

Sesungguhnya Allah dan para Malaikat semuanyanya bersholawat keatas Nabi dan dianjurkan kita sebagai umat Nabi s.a.w berbuat demikain. Setiap Jumaat dalam khutbahnya para khatib sentiasa mengingatkan para jemaah supaya bersholawat ke atas junjungan besar Nabi s.a.w. seperti mana firman Allah S.W.T di dalam kitab suci Al-Quranul Karim.

Setiap doa yang menyertakan nabi biasa disebut sholawat .Orang yang mendoakan Nabi Muhammad pada hakekatnya adalah mendoakan untuk dirinya sendiri karena Allah sudah menjamin nabi-nabiNya sehingga doa itu akan berbalik kepada si pengamalnya dengan keberkahan yang sangat kuat.

Imam Dainuri dalam Khaziyat al-Asrar, halaman 179 memberitahu: Siapa membaca shalawat ini sehabis shalat (fardlu) 11 kali digunakan sebagai wiridan maka rezekinya tidak akan putus, di samping mendapatkan pangkat/kedudukan dan tingkatan orang kaya.
Sabda Rasulullah SAW :

وَأخْرَجَ ابْنُ مُنْذَة عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ الله عَنهُ أنّهُ قال قال َرسُوْلُ اللهِ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ: مَنْ صَلّى عَلَيَّ كُلّ يَوْمٍ مِئَة مَرّةٍ – وَفِيْ رِوَايَةٍ – مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِي اليَوْمِ مِئَة مَرّةٍ قَضَى اللهُ لَهُ مِئَة حَجَّةٍ – سَبْعِيْنَ مِنْهَا في الأخِرَةِ وَثَلاثِيْنَ فِي الدُّنْيَا – إلى أنْ قال – وَرُوِيَ أن النَّبِيَّ صَلّى اللهُ عليه وسلم قال : اكْثَرُوا مِنَ الصَّلاةِ عَلَيَّ فَإنّهَا تَحِلُّ اْلعَقْدَ وَتَفْرجُ الكُرَبَ – كَذَا فِيْ النزهَةِ

Hadits Ibnu Mundah dari Jabir, ia mengatakan: Rasulullah SAW bersabda: Siapa membaca shalawat kepadaku 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat, dan 30 di dunia. Sampai kata-kata … dan hadits Rasulullah yang mengatakan: Perbanyaklah shalawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan. Demikian seperti terkandung dalam kitab an-Nuzhah.

Sholawat Nariyah adalah sebuah sholawat yang diamalkan oleh Syekh Nariyah. Diwiridkan khususnya bila menghadapi problem hidup yang sulit dipecahkan maka tidak ada jalan lain selain mengembalikan persoalan pelik itu kepada Allah. Dan shalawat Nariyah adalah salah satu jalan mengadu kepada-Nya. Sholawat Nariyah diambil sempena dengan nama beliau.

Syekh Nariyah hidup sezaman dengan Nabi Muhammad sehingga termasuk salah seorang dari sahabat Nabi. Beliau lebih menekuni bidang ketauhidan. Syekh Nariyah selalu melihat Nabi kerja keras dalam menyampaikan wahyu Allah, mengajarkan tentang Islam, amal saleh dan akhlaqul karimah sehingga Syekh ini selalu berdoa kepada Allah memohon keselamatan dan kesejahteraan untuk Nabi.

Diceritakan suatu malam Syekh Nariyah membaca sholawatnya sebanyak 4444 kali. Setelah membacanya, beliau mendapat karomah dari Allah. Maka dalam suatu majlis beliau mendekati Nabi Muhammad s.a.w dan minta dia dimasukkan syurga pertama bersama Nabi. Dan Nabi pun mengiyakan. Ada seseorang sahabat yang cemburu dan lantas minta didoakan yang sama seperti Syek Nariyah. Namun Nabi mengatakan tidak karena Syekh Nariyah sudah minta terlebih dahulu.

Apa yang menyebabkan permintaan sahabat itu ditolak Nabi? ...dan justru permintaan Syekh Nariyah diterima Nabi? Jawapannya para sahabat itu tidak mengetahui mengenai amalan yang diamalkan setiap malam oleh Syekh Nariyah yaitu mendoakan keselamatan dan kesejahteraan nabinya yang cuma Nabi s.a.w mengetahuinya.

Hingga kini banyak orang yang mengamalkan sholawat ini, tak lain hanya karena mengikut apa yang dilakukan Syekh Nariyah. Dan lebih afdhal sholawat ini dibaca 4444 kali karena Syekh Nariyah memperolehi karomah itu setelah membaca 4444 kali. Jadi jumlah amalan itu tak lebih dari itba' (mengikuti) ajaran sahabat Nabi s.a.w tadi iaitu Syekh Nariyah.

Agar bermanfaat, membacanya harus disertai dengan keyakinan yang kuat, sebab Allah itu berada dalam prasangka hambanya. Doa itu sendiri adalah pengharapan iaitu mohon perkenan dari Tuhan Semesta Alam. Jadi nabi berperanan sebagai wasilah yang boleh melancarkan doa umat yang bersholawat kepadanya. Inilah salah satu rahasia doa/sholawat yang tidak banyak orang tahu dan para ulama menyusunnya agar umat terkemudian dapat munafaat dari mengamalkannya.

Oleh jika kita berdoa kepada Allah jangan lupa terlebih dahulu bersholawat kepada Nabi SAW karena doa kita akan lebih terkabul daripada tidak berwasilah melalui bersholawat.

Inilah bacaan sholawat nariyah yang terkenal itu :

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

"Allohumma sholli shollatan kamilah wa sallim salaman. Taman 'ala sayyidina Muhammadiladzi tanhallu bihil 'uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawa iju wa tunna lu bihiro 'ibu wa husnul khowatim wa yustaqol ghomawu biwaj hihil kariim wa 'ala aalihi washosbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi'adadi kulli ma'luu mi laka ya robbal 'aalamiin".

Maksudnya :
"Ya Allah Tuhan Kami, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, ditunaikan segala macam hajat, tercapai segala keinginan dan khusnul khotimah, dicurahkan rahmat dengan berkah peribadinya yang mulia. Kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna itu semoga Engkau limpahkan juga kepada para keluarga dan sahabatnya pada setiap kedipan mata dan hembusan nafas, bahkan sebanyak pengetahuan Engkau, Ya Tuhan semesta alam".

Allahu Alam

Tiada ulasan: